SPORT

Kamis, 08 Juli 2010

Belanda oke di Depan, Spanyol Tangguh di Belakang


Jakarta - Ketahuan sudah siapa yang akan berhadapan di final Piala Dunia 2010. Satu punya catatan bikin gol lebih baik, lainnya punya torehan kebobolan lebih sedikit.

Spanyol menyusul Belanda maju ke final Piala Dunia 2010 usai menang 1-0 atas Jerman di semifinal, Kamis (8/7/2010) dinihari WIB. Spanyol akan berebut trofi juara dengan Belanda yang sehari sebelumnya memastikan diri ke partai puncak berbekal kemenangan 3-2 atas Uruguay.

Dalam lajunya ke final, Belanda membuat total 12 gol dan kemasukan lima (12-5). Kemenangan terbesar Belanda adalah dengan selisih dua gol ketika melawan Denmark di laga pembuka.�

Spanyol lebih minim produktivitas golnya ketimbang Belanda, kendati punya rekor kebobolan yang juga lebih sedikit. Untuk sampai di partai puncak, mereka hanya membuat tujuh gol dan kebobolan dua gol saja (7-2).

Seperti halnya Belanda, kemenangan terbesar Spanyol juga dicetak dengan selisih dua gol saja. Ini dilakukan saat membekuk Honduras 2-0 di fase grup. Yang unik, 'Matador' tiga kali mencatatkan kemenangan 1-0 beruntun sebelum duduk di final, dengan kemenangan atas Portugal (16 besar), Paraguay (perempatfinal) dan Jerman (semifinal).

Dari jumlah gol yang dihasilkan sebelum ini, baru tiga pemain Spanyol yang bisa menjebol gawang lawan. David Villa bikin lima gol, Andres Iniesta menyumbang satu. Puyol menambahnya satu dengan gol kemenanganya atas Jerman.

Belanda, yang mencatat gol lebih banyak, memiliki variasi pencetak gol lebih baik. Wesley Sneijder paling banyak dengan lima gol, diikuti Arjen Robben dengan sepasang gol. Dirk Kuyt, Robin van Persie, Klaas Jan Huntelaar dan Giovanni Van Bronckhorst lantas menyumbang masing-masing satu. Satu gol lain adalah gol bunuh diri Daniel Agger di fase grup.

Laga final antara Spanyol dengan Belanda juga seperti menjadi adu tajam antara dua pemainnya; Villa untuk La Furia Roja dan Sneijder di kubu Oranje. Sama-sama sudah bikin lima gol, jumlah terbanyak sejauh ini, mereka jadi kandidat terkuat topskorer Piala Dunia 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar